Minggu, 12 Oktober 2014

hewan langka



“10 Jenis Burung Nuri Endemik Indonesia”



Indonesia terkenal dengan keanekaragaman satwanya. Termasuk di dalamnya adalah ribuan bahkan puluhan ribu spesies burung yang hidup di alamnya. Nah, berikut ini adalah 10 Jenis burung nuri endemik Indonesia.

1. Burung Nuri-ara salvadori

Memiliki nama latin Psittaculirostris salvadorii, burung nuri yang satu ini hanya hidup secara bebas di bagian barat laut Papua. Termasuk jenis burung yang mulai langka.

2. Burung Nuri Raja Ambon

Memiliki nama latin Alisterus amboinensis. Meskipun namanya adalah 'Raja Ambon', sebenarnya burung ini dapat juga ditemukan di luar Ambon, termasuk di bagian barat Papua. Populasi burung ini di alam bebas masih cukup aman.

3. Burung Nuri Telinga Biru

Nuri yang hidup bebas hanya di Pulau Seram ini memiliki nama latin Eos semilarvata. Meskipun daerah penyebarannya sangat terbatas, populasi burung nuri telinga biru tergolong masih termasuk belum mengkhawatirkan.

4. Burung Nuri Sayap Hitam

Burung yang dikenal juga dengan nama Nuri merah biak ini memiliki nama latin Eos cyanogenia. Burung ini dapat ditemukan hidup bebas di pulau-pulau yang ada di Teluk Cenderawasih. Sayangnya populasi mereka saat ini termasuk rentan dari kepunahan.

5. Burung Nuri Tanimbar

Memiliki nama latin Eos reticulata. Daerah penyebaran burung nuri tanimbar terbatas di wilayah Babar dan Kepulauan Tanimbar (termasuk Yamadena dan Larat), dan Nusa Tenggara Timur. Saat ini populasi burung ini mendekati terancam punah.

6. Burung Nuri Maluku

Terdapat 2 sub-spesies dari burung nuri yang memiliki nama latin Eos bornea atau Eos rubra ini. Keduanya merupakan burung endemik wilayah Maluku Selatan. Saat ini populasi mereka masih tergolong tidak begitu terancam.

7. Burung Nuri Kalung Ungu

Memiliki nama latin Eos squamata. Terdapat 3 sub-spesies dari burung nuri jenis ini yang menempati wilayah yang berbeda-beda tetapi tetap di dalam wilayah Maluku Utara hingga Papua bagian barat. Populasi mereka saat ini juga masih tergolong belum terancam serius.

8. Burung Nuri Talaud

Burung yang memiliki nama latin Eos histrio ini di daerah Sulawesi dikenal dengan nama Sampiri. Terdapat 3 sub-spesies dari burung nuri jenis ini yaitu challengeri Salvadori, talautensis, dan histrio.

9. Burung Nuri Hitam

Memiliki nama latin Chalcopsitta atra. Burung Nuri jenis ini memiliki 3 subspesies yang memiliki daerah penyebaran yang berbeda tetapi masih berada di sekitaran Pulau Papua. Populasi mereka saat ini tergolong maih beresiko rendah.

10. Burung Nuri-kate Geelvink

Memiliki nama latin Micropsitta geelvinkiana. Merupakan spesies burung endemik Teluk Cenderawasih, Papua. Pupulasi mereka tergolong hampir terancam dengan berbagai penyebab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar